Senin, 08 Agustus 2016

Manfaat dan Kegunaan Google Maps

Google maps adalah sebuah perangkat lunak dalam internet yang berisi peta atas sebuah wilayah atau lokasi. Peta tersebut menunjukkan gambaran sebagaimana yang sering kita jumpai dalam peta konvensional yang dibuat secara cetak. Baik itu dalam bentuk buku atau juga dalam bentuk pelukisan.



Google maps adalah sebuah perluasan manfaat dari situs google. Sebelumnya, situs ini hanya dikenal sebagai mesin pencari atau search engine di dunia internet saja. namun seiring perkembangan tekhnologi maka google membuat terobosan baru yang berbeda dengan mesin pencari lainnya.
Hal ini merupakan sebuah strategi yang dibuat oleh pengelola sistus google, agar menarik minat para pengguna internet. Sehingga, mereka tidak hanya mengunjungi situs google tersebut ketika sedang mencari sebuah situs yang memuat konten yang mereka inginkan. Namun, ada fasilitas lain yang diberikan oleh situs google bagi mereka yang menginginkan untuk mengetahui sebuah lokasi. Caranya melalui perangkat lunak tersebut.
Dalam perangkat lunak, akan disajikan tampilan peta sebuah wilayah yang dibuat secara digital. Sehingga, bagi mereka yang menginginkan mengetahui peta sebuah wilayah, cukup masuk ke situs google map tersebut dan menekan tombol atau mengetikkan sebuah alamat. Maka, lokasi yang Anda inginkan pun akan segera ditemukan tanpa menunggu waktu lama.
Apa Itu Google Map?
Google Map adalah layanan dari Google untuk menunjukkan jalan-jalan yang ada di seluruh dunia. Bentuknya seperti peta yang umum Anda lihat. Tetapi layanan Google ini hanya menunjukkan jalan-jalan saja, dan tidak ada nama gunung, sungai, ataupun batas-batas daerah yang biasa ditemukan di peta umum. Walaupun begitu, peta yang ada di layanan Maps ini sangat lengkap.
Bagaimana Melihat Google Map
Cara melihat layanan Maps ini sangat sederhana dan Anda tidak perlu menginstall software seperti halnya Google Earth. Yang penting, Anda harus terhubung dengan internet. Untuk bisa melihat layanan Maps, Anda harus meluncur ke situs resminya yaitu di maps.google.com.
Setelah masuk ke situs resminya, Anda tinggal mencari peta jalan yang diinginkan dengan cara mengetikkan jalan atau daerah yang dicari di Google Maps. Perlu diingat bahwa dalam mengetikkan nama jalan atau daerah yang dicari, Anda harus benar-benar mengetikkan secara detil agar hasil peta yang muncul sesuai dengan nama jalan atau daerah yang diinginkan.
Alasannya, banyak sekali jalan yang mempunyai nama yang sama di daerah yang berbeda. Misalnya, jalan Ahmad Yani. Bisa saja semua kota di Indonesia menggunakan nama ini untuk jalan yang ada di kota mereka. Jadi, tuliskan nama jalan dan daerah yang ingin diketahui petanya.
Satu lagi fasilitas atau layanan yang diberikan kepada Anda yang sangat berguna yaitu fasilitas cetak peta. Setelah menemukan peta jalan yang akan diketahui, Anda bisa mencetak peta tersebut ke atas sebuah kertas. Tentu saja untuk dapat mencetak peta di Google Maps ini, Anda membutuhkan printer.
Fasilitas cetak peta ini bisa ditentukan besarnya wilayah yang akan Anda cetak. Misalnya saja Anda bisa mencetak seluruh peta Jakarta dengan nama-nama jalan yang kurang jelas. Tetapi jika ingin mencetak peta dengan nama jalan yang jelas, Anda bisa mencetak daerah yang lebih spesifik lagi.
Satu lagi yang menarik dari Google adalah Anda bisa menggunakannya dengan gratis dan tidak dipungut biaya sama sekali. Jadi silahkan pergi ke Google Maps dan mendapatkan semua informasi tentang peta suatu daerah.
Manfaat Google Maps
Adanya fasilitas tambahan selain sebagai mesin pencari pada layanan map ini, tentu sangat membantu para pengguna internet. Hal ini khususnya dalam proses pencarian sebuah lokasi yang masih asing. Karena dengan adanya perangkat lunak ini akan memberikan beberapa manfaat di antaranya adalah :
1. Mempercepat pencarian sebuah lokasi dalam waktu yang singkat. Karena dengan tekhnologi digital sistem pencarian akan berlangsung dengan cepat. Dengan layanan ini, seseorang dapat menemukan tempat yang ia maksudkan. Sangat mudah sekali, bahkan untuk tempat yang terkategori sebagai tempat terpencil pun masih dapat diakses.
2. Membantu seseorang yang sedang bepergian untuk mencari jalan yang cepat pada lokasi yang hendak ditujunya. Hal ini adalah hal lain yang menjadi kelebihan dari adanya layanan ini.
Banyak sekali paraorang yang mau bepergian yang tak mengerti dengan jelas arah jalan yang akan mengantarkannya ke tempat tujuan yang dimaksudkan. Banyak dari mereka yang tersesat karena tidak tahu jalan. Bertanya pada setiap orang yang ditemui di jalan pun bukan menjadi solusi yang mudah untuk dilakukan.
Maka dari itu, layanan ini membantu orang dengan tipe seperti ini. Sebelum bepergian, mereka cukup untuk mengakses situs ini, mengetik alamata atau nama tempat yang akan dituju. Dan dalam hitungan detik, layanan ini akan memberi tahu dimana lokasi tempat yang dituju serta penempatannya dari tempat-tempat yang lain yang ada di sekitanya.
Jadi, layanan ini akan menunjukkan jalan mana saja yang harus ditempuh agar sampai ke tempat tujuan. Sehingga tentunya tak akan tersesat lagi. Dan bertanya pada orang yang ditemui di jalan hanya pada saat yang urgent saja. Tentunya akan lebih teroptimalkan lagi.
3. Mempermudah sistem penyimpanan peta. Karena , dengan teknologi digital menjadikan kita tidak perlu ruang yang khusus untuk menyimpan sebuah peta. Sebab, dalam perangkat lunak ini data disimpan dalam bentuk digital.
Bagi orang yang selalu bergelut dengan duani digital, tentu layanan peta digital ini sangatlah membantu. Seseorang tak harus repot membawa sebuah peta yang lengkap dan tentunya tak berukuran kecil untuk menentukan tenpat yang dimaksudkan. dengan layanan ini, cukup dengan mengakses situs penyedianya, maka layanan peta digital ini sudah dapat tersedia dan membantu kerja dari pencarinya.
4. Bisa diakses dari mana saja. Dengan tekhnologi internet, menjadikan kita bisa mengakses peta tersebut dari berbagai tempat yang memiliki fasilitas internet. hal ini adalah kemudahan lain yang ada di dalam layanan ini.
Tak terbatas oleh waktu selama ara penggunanya terhubung dalam layanan internet, mereka tetap dapat untuk mengakses layanan ini. Juga tak terbatas oleh waktu, kapan pun tetap dapat mengaksesnya.
5. Mengetahui tempat tempat baru yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya. Hal ini tentu sangat membantu ketika kita akan menuju ke tempat tersebut. sebelum melakukan perjalanan kita sudah mendapatkan bekal yang cukup tentang arah jalan yang akan ditempuh untuk sampai kepada tempat tersebut.
Terkadang memang sulti bagi seseorang untuk menuju tempat yang belum pernah ia ketahui atau datangi sebelumnya. Mungkin pada jaman terdahulu, seseorang meminta kepada orang yang lebih tahu atau sudah pernah mengunjungi tempat tersebut untuk membuatkan peta atau rute untuk menuju ke tempat tersebut.
Layaknya rute itulah yang ada di dalam layanan ini. Terdapat jalan atau rute yang akan menghantar para pencarinya menuju tempat yang dimaksudkan.
6. Adanya pembaharuan data yang lebih cepat daripada menggunakan peta konvensional. Pembaharuan yang ada di dalam layanan ini tentunya dilakukan dengan sangat cepat, lebih cepat dibandingkan dengan peta konvensional yang ada.
Jika dengan peta konvensional dibutuhkan peneitian langsung ke lapangan tempat terjadinya perubahan nama tempat atau pun kondisi tempat maka dengan adanya layanan digital ini, hal tersebut tak harus dilakukan.
Nah, mungkin banyak di antara Anda yang sering mengalami tersesat atau kesasar. Hal ini terjadi karena ketidaktahuan terhadap rute jalan yang akan dilalui untuk mencapai tujuan. Apalagi jika Anda tinggal di kota yang padat dengan jalan yang susah dihapal, karena sangat banyaknya.
Namun, dengan Google maps Anda tidak perlu takut lagi akan tersesat, bahkan jika kita ingin bepergian jauh ke tempat yang sama sekali belum pernah kita datangi. Ya, Anda bisa melihat rute jalan mana yang harus dilewati agar sampai ke tempat tujuan dengan cara yang mudah, yaitu dengan menggunakan Google Map.
Memang layanan ini dari hari ke hari semakin dirasakan manfaatnya oleh banyak orang. Maka dari itu semakin banyak para penggunanya. Para pengguna layanan Google Map ini semakin dapat merasakan manfaatnya dalam kerja dan kehidupan mereka.

12 komentar:

  1. wah bagus sekali ini postingannya min, menambah pengetahuan. dan saya sendiri juga merupakan pengguna maps kemana-mana wkwk
    multitester digital

    BalasHapus
  2. Apa yang saya tidak bisa dilakukan selama saya menggunakan sistem

    BalasHapus
  3. Wah bisa juga ni kalau digunakan untuk mencari alamat yang ingin dituju. Sekalian ya Kunjungi blog saya http://ridhohabibi.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan website kampus kami http://atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  4. terima kasih atas infonya...ternyata materi ini sangat membantu dan sangat penting untuk mencari alamat yang ditujuan
    oiya jangan lupa
    kunjungin website saya
    https://ahmadrizalfahlepii.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan website Kampus saya
    http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  5. Nice info, bisa untuk jadi referensi saya. thanks infonya.

    Kalau berkenan, kunjungi website kampus saya di : http://www.atmaluhur.ac.id
    dan website pribadi saya di : https://ferafe.mahasiswa.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  6. Terima kasih atas informasinya. Dengan membaca artikel ini saya tahu ternyata banyak manfaat dan kegunaan dari Google Map. Kunjungi juga website saya: https://cerry.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan website kampus saya: http://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  7. terima kasih, blognya sangat menarik dan bermanfaat
    kunjungi juga website saya : http//ahmadsaja.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    dan website kampus saya : http//www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah,,,,

    Bagi yang belum gabung bersama Agen Payfazz.
    Aplikasi Agen pulsa dan PPOB murah.
    Untung mengalir terus.
    Caranya tekan linknya di bawah ini:
    👇👇👇
    https://www.payfazz.com/register/MYH7J96KET

    Contoh Password kombinasi huruf besar dan kecil lalu angka (Sukses123)

    BalasHapus
  9. Gabung Aplikasi Agen payfazz. Agen pulsa dan PPOB.
    Untung mengalir.
    Daftar gratis.
    Minat hubungi 0852-1156-8947

    BalasHapus